Monday, June 24, 2013

KAHLIL GIBRAN DAN KECELAKAAN SEJARAH DI INDONESIA


(KAHLIL GIBRAN, Penyair Legendaris Penganut Kristen Maronit dari Lebanon)


Dalam perspektif sejarah dan budaya, sebenarnya perkembangan agama Islam dan Kristiani di Asia Tenggara(baca : Indonesia) dapat dibilang telah mengalami kecelakaan sejarah dan budaya entah itu disengaja atau tidak, yang akhirnya melahirkan stigma yang negatif dan terkadang malah terkesan “lucu” dan bahkan terkadang membuat orang menjadi salah tingkah. Anda tidak percaya?? (Bacalah dengan perlahan artikel ini).

Betapa tidak, siapapun yang masih waras tentu tidak dapat menolak atau memungkiri akan “fakta sejarah” bahwa dimasa lalu agama Islam dibawa ke Indonesia secara langsung oleh orang-orang Arab(Timur Tengah) dengan cara menyusupkan perempuan ke pusat kekuasaan raja-raja besar nusantara(Padjadjaran-Sriwijaya - Majapahit),  sebagian juga ada yang dibawa oleh orang-orang yang berasal dari Gujarat India. Sedangkan agama Kristiani dibawa oleh Para Penginjil/Missionaris yang mendompleng para Penakluk/Penjajah Eropa yang haus akan kekuasaan.

Namun demikian, bila dirunut dalam “sejarah perkembangan gereja di Indonesia”, telah ditemukan fakta sejarah yang unik yang menunjukkan bahwa, para Penginjil Eropa/Belanda sebenarnya telah gagal, ini terbukti dari betapa “pelitnya” Penginjil/Missionaris Belanda dalam membabtis warga pribumi, apalagi untuk mengangkatnya menjadi Pendeta!!. Dan mata para Penginjil Belanda mulai terbuka ketika “dengan sangat terpaksa” membabtis warga pribumi dan mengangkatnya menjadi Pendeta. Akhirnya mereka dibuat bingung justru setelah itu, perkembangan gereja sangat pesat dan meledak di segala wilayah. Akhirnya mereka mulai tersadar bahwa Penginjil/Pendeta pribumi lebih bisa diterima masyarakat.

Begitu Belanda terusir dari tanah Nusantara, para Missionarisnya ikutan kabur, dan fakta sejarah telah membuktikan bahwa pekerjaan mereka akhirnya diteruskan oleh para Penginjil/Pendeta Pribumi dibantu “Missionaris Cowboy dari Amerika!!”.   
Fakta-fakta sejarah tersebut diatas tidak dapat dipungkiri dan disesali (buku-buku tentang sejarah tersebut masih bisa dilacak dan dibaca hingga kini), walaupun akhirnya memang melahirkan stigma negatif bahwa agama Kristiani identik dengan Penjajah dan Amerika. Sehingga apabila dimasa kini masih ada mubaligh atau kyai yang menyebut bahwa “orang-orang kristiani” adalah antek Amerika, sebenarnya mereka memang mengungkapkan fakta yang benar. Dan dalam hal tertentu saya dapat menerimanya.

Namun disisi lain kita juga tidak dapat menghindari fakta sejarah bahwa proses perkembangan agama islam di Indonesia juga tidak luput dari pertumpahan darah. Bacalah sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit yang penuh gejolak dan pertumpahan darah yang terjadi setelah para penyebar agama Islam “menghadiahi”(baca : menyusupkan) Raja Padjadjaran, Raja Sriwijaya dan Raja Majapahit dengan perempuan-perempuan cantik(muslim) dari China yang akhirnya melahirkan penguasa baru bercorak Islam setelah terjadi pertumpahan darah karena perebutan kekuasaan!! Dan ditangan merekalah “melalui kekuasaan mutlak” mereka menyebarkan agama Islam di Indonesia bahkan hingga kini. (bacalah dengan hati putih “sejarah” bagaimana sampai lahir Reog Ponorogo sebagai kritik rakyat jelata terhadap penguasa Majapahit yang telah disusupi "perempuan muslim yang cantik")

Karena fakta-fakta sejarah tersebut diatas, akhirnya melahirkan dan mewariskan kebiasaan-kebiasaan dan budaya tertentu yang bias yang terkadang terkesan aneh dan lucu bahkan terkadang bikin kuping panas.

Contohnya adalah sebuah stigma atau anggapan yang hingga kini masih hidup dengan baik di tengah masyarakat, “bahwa semua hal yang menyangkut orang atau produk Arab/Timur Tengah pasti Islam dan yang menyangkut Eropa atau Amerika pasti Kristen”. Akibat dari stigma/anggapan tersebut, tidak jarang hal tersebut akan membuat orang yang tidak mengerti sejarah akan langsung marah bilamana ternyata ditemukan fakta sebaliknya. Anda tidak percaya?? Bacalah fakta yang lebih berat “kualitasnya” yaitu berupa sebuah penggalan syair berbahasa Arab yang saya sajikan dibawah ini ;

قل لا إله إلا اللهولا شىء إلا الله , و كن مسيحياً
Qul: Lâ Ilaha illa llâh  wa  lâ  syai’an illa llah
wa kun Masîhiyyan.

Artinya: “Katakanlah ;  Tidak ada ilah selain Allah, dan tidak ada sesuatu pun selain Allah, dan jadilah kamu seorang Kristiani!”.

Penggalan syair tersebut saya copy dari sebuah buku berbahasa Arab berjudul Iram  Dzat  al-Imad/Iram, Kota Yang Berbenteng”. Tahukah anda, siapakah yang mengarang buku legendaris tersebut ? sekali lagi, siapkanlah mental anda!!  Karena anda pasti akan geleng-geleng kepala tidak percaya. Buku tersebut ditulis oleh penyair legendaris yang sangat dikagumi oleh terutama umat Islam di Indonesia hingga  hari ini, penyair tersebut adalah seorang penganut Kristen Maronit Lebanon yang adalah Kahlil Gibran !! ya, dia adalah Kahlil Gibran !! Tidak percaya?? Temukanlah buku tersebut dan bacalah. Bila anda masih penasaran juga, silahkan membaca karangannya ; Akâsyah, “Muqadimah” pada buku Jibrân Khalîl Jibrân, An-Nabî  (Cairo: Dâr asy Syarûq, 2004), halaman 65. Atau karyanya yang sangat terkenal yang dicetak dalam bahasa Inggris, “Jesus The Son Of Man”.

Lantas bagaimana dengan film “ayat-ayat cinta” besutan Hanung Bramantyo, yang penuh puisi cinta karya Kahlil Gibran yang begitu digandrungi para tokoh muslim di Indonesia tempoh hari??

Ternyata muslim memang harus bisa menerima apakah sesuatu itu hanya "sekedar berupa anggapan" atau "justru merupakan fakta sejarah!!"  Karena kedua hal tersebut saling bertolak belakang.

Semoga membuka mata dan mencerahkan anda !!

17 comments:

  1. bila memang pemilik web ini tinggal di Jl Lenteng Agung Jakarta,
    maka kita bertetangga, saya warga asli yang tinggal di Kebagusan Raya, dimana kedua ujung jalan ini bertemu di satu titik. Dapatkah kita bertemu untuk sekedar bersoal jawab??

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha pemilik webnya aja pasti malu ketemu gara2 nulis artikel sejelek aneh ini.. pingin ngomongin apa sih sebenernya ni artikel, kalo mau liat sejarah ya lebih jauh lagi lah, artikel gaje pula..

      Delete
    2. Jeleknya gmn? Di bagian mana yg jelek? Gajenya sblh mana? Kok komennya gaje sih

      Delete
    3. Jeleknya gmn? Di bagian mana yg jelek? Gajenya sblh mana? Kok komennya gaje sih

      Delete
  2. http://metartgirlz.com/?vs=bWV0YXJ0Z2lybHouY29tfHh0ZWVuZ2lybHouY29tfA==

    ReplyDelete
  3. Markus 9:45 :
    http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mrk&chapter=9&verse=45
    Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka

    Markus 9:47 :
    http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mrk&chapter=9&verse=47
    Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,

    Matius 5:27-30 :
    http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mat&chapter=5&verse=30
    (27) Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
    (28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya 1 , sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
    (29) Maka jika matamu yang kanan menyesatkan l engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka
    (30) Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan m engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

    Matius 5:38-39 :
    http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mat&chapter=5&verse=38
    (38) Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
    939) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

    Matius 10:34 :
    http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Mat&chapter=10&verse=34
    (Yesus berkata) : "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai 1 , melainkan pedang.

    ReplyDelete
  4. http://bagusbenar.com

    http://www.cewekcantik.org

    http://www.myselebritis.com

    http://idweek.blogspot.com

    http://www.kuasa-illahi.web.id

    http://indo-bioskop.blogspot.com

    http://www.supranaturaljokowi.com

    http://sejarahduniawayang.blogspot.com

    .
    ..
    ...
    bagusbenar cewek cantik selebritis id week berita kuasa illahi indo bioskop supranatural sejarah dunia wayang santri


    ReplyDelete
  5. Goblok tingkat dewa nih orang,,,,,,,,,,,capcay dech

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gobloknya di mana? Ada yg keliru dgn artikelnya sehingga dibilang goblok? Jangan2 yg goblok tu anda krn ngomong goblok tanpa alasan.

      Delete
    2. Gobloknya di mana? Ada yg keliru dgn artikelnya sehingga dibilang goblok? Jangan2 yg goblok tu anda krn ngomong goblok tanpa alasan.

      Delete
  6. Astagfirullah ~,~
    .diatas cmn sejarah yang 1 abad kebelakang gan..
    kalo anda pintar knp ga baca, cerita nabi muhammad dan turunnya islam =="
    kutipan ayat diatas juga harus diperbarui atuh gan.
    (QS 2:19) itu maksudnya apa ya?? dari alquran ?? al-baqoroh ayat 19 ?? "kalo iya, artinya bkn itu".

    Sekian, terimakasih..
    Assalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. GA LOGIS COEG...
    KALO LU PINTER BACA SEJARAH MAJAPAHIT DAN LAINNYA ITU
    ARTIKEL INI GA JELAS BANGET..
    SIAPA YANG BISA JAMIN INI ARTIKEL BENER (*cuih*)

    ReplyDelete
  8. Sebagai referensi bisa dilihat di sini

    https://youtu.be/WaydwyJJDZc

    ReplyDelete
  9. Saya terkesan jika itu karya kahlil gibran maka dengan dimaknai memakai sastra bahasa arab

    قل لا إله إلا الله, ولا شىء إلا الله , و كن مسيحياً

    Maka kalimat ini menegaskan bahawa kahlil tidak mengakui tuhan itu lebih dari satu, dan sangat kental terasa bahwa kahlil gibran penganut faham sufi terlepas dari agama yg dianutnya, di dalam islam dikenal karya sastra sufi yg bernama AL-hikam, mengenai kalimat لا شيء الا الله ini adalah ungkapan seorang sufi yg sampai derajat fana. Tidak heran jika orang muslim menganggap kahlil sebagai muslim, karena untuk menjadi muslim cukup membaca dua kalimah syahadat أشهد أن لا إله الا الله وأشهد أن محمدا رسول الله meskipun tak ada yg tahu bahwa si pembaca telah malafadzkan dan meyakini makna kalimat itu maka ia sudah muslim kecuali ia bermurtad kembali ke kekafiran. Karena begitu mudahnya dan sangat mungkinnya seseorang masuk islam dengan rahasia maka faham" kahlil yg mengarah ke pengakuannya terhadap satu tuhan dan pengakuannya bahwa muhammad adalah sang rasul menjadi sangat lebih mungkin lagi ia berislam secara sembunyi". (Maaf jika ketikan saya aneh, maklum saya bukan sastrawan, hanya penikmat arabic sastra saja, dan saya muslim)

    ReplyDelete
  10. Bukan hanya persoalan nama, karya2 Khalil Gibran banyak yg ditulis dalam bahasa arab, karna arab di identikan dengan Islam ya sudah , akhirnya banyak yg menganggap beliau adalah seorang Moslem. ditambah ada penggalan syairnya seperti pada artikel, yg kata2nya sama dengan awal kalimat syahadat walaupun endingnya beda.. yg salah siapa? yg salah ya orang2 kristen sendiri kok gak kenal sama penyairnya, lha saya sejak kecil sampe sekarang gak pernah tuh guru sekolah minggu atau pendeta mengutip syair2nya Khalil Gibran..

    ReplyDelete
  11. Yg saya tahu dan yakini, umat kristiani masuk melalui penjajah. Sedangkan umat islam dari pedagang gujarat. Adapun kebenaran agama, itu balik lagi ke pilihan dan keyakinan masing2, kalo saya tetap Islam karena penyempurna agama sebelumnya.

    ReplyDelete
  12. Maaf, tetapi arti Q. S. 2 : 19 itu kitab Al Qur'an atau kitab lainnya sebab dalam Q. S. Al - Baqarah: 19
    Artinya:
    " atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir, sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir"

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR YANG SOPAN, SEMUA KOMENTAR YANG TIDAK SOPAN AKAN DIHAPUS_SANG TIMUR