Wednesday, June 12, 2013

SEKALI LAGI TENTANG THE LEGEND OF SEVEN SLEPPERS OF EFFESUS


Sekali Lagi Tentang The Legend of Seven Sleppers of Effesus.

Legenda/Dongeng Tujuh Penidur versi Quran menunjukkan bahwa Muhammad sama sekali tidak mengerti makna legenda/dongeng itu yang malah justru tercatat dalam quran sebagai wahyu illahi.

[Dalam artikel terdahulu disebutkan bahwa kaum Quraysh ingin memastikan kenabian Muhamad, namun mereka tidak tahu cara memastikannya karena dalam sejarahnya memang tidak pernah ada nabi yang berasal dari tanah Arab, sehingga mereka harus bertanya kepada Rabbi Yahudi tentang cara mengetes dan memastikan seseorang benar-benar nabi atau bukan. Hal ini dilakukan karena mereka tahu, semua nabi berasal dari bangsa Yahudi. Hasilnya sungguh mencengangkan, karena ternyata Muhamad bukanlah nabi seperti pengakuannya].

Dalam Surah al-Kahf/18 (Gua), kita temukan jawaban Muhammad tentang para penidur. Meskipun dia menampilkan dongeng sebagai kisah nyata, tapi dilihat dari variasi kisahnya menunjukkan bahwa dia sama sekali tidak tahu akan kisah aslinya. Di ayat ke 17 dalam Surah yang sama Muhammad mengatakan ; “Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu”. Ayat ini mengatakan dan menerangkan dengan begitu jelas bahwa sinar matahari menghindar masuk ke dalam gua. Hal ini bertentangan dengan legenda aslinya yang mengatakan mulut gua ditutup dengan tumpukan batu sehingga sinar matahari tidak bisa masuk gua.

Pada  ayat 18 dalam Surah yang sama kita malah akan membaca variasi lain lagi ;
“… sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan (diri) dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka”. 

Quran mengatakan si anjing menjaga para penidur selama ratusan tahun. Menurut Muhammad, setiap orang yang datang mendekati gua akan lari ketakutan karena anjing penjaga di muka pintu gua. Selanjutnya Muhammad mencantumkan bagian asli legenda yang mengatakan para pemuda ini bangun dari tidurnya, mengirim salah seorang dengan uang untuk membeli makanan, dan mengira mereka hanya tidur sehari saja.

Quran mengatakan bahwa orang-orang tahu tentang kisah tujuh penidur, tapi tidak suka pada mereka dan ingin mendirikan bangunan di atas gua agar para pemuda itu tersekap dalam gua. Muhammad mengira para pemuda bangun saat masyarakat masih membenci mereka, tapi kenyataannya pada legenda aslinya tidak ditulis begitu.

Muhammad sama sekali tidak mengerti pesan Kristiani dari legenda ini, yang menunjukkan bahwa ketujuh pemuda itu dilindungi meskipun Kaisar Romawi  pada masa itu menindas umat Kristen, dan mereka dibangunkan kala kekaisaran Romawi sudah menerima agama Kristen. Berdasarkan legenda/dongeng aslinya, para penidur dianggap sebagai orang-orang suci.

Filosofi Legenda ini adalah ; Ketika Gereja Byzantium membangun kuburan di kota Effesus, mereka ingin menggunakan legenda ini untuk meyakinkan para atheis tentang kebangkitan kembali, dan mencari untung dengan cara membuat tempat itu jadi tempat suci. Karena itulah mereka membangun gereja diatas kuburan. Tapi Muhammad mengira gereja dibangun oleh orang-orang  yang ingin menyekap para penidur di dalam gua.

Muhammad tahu bahwa pengetahuannya tentang legenda para penidur berada jauh dibawah sehingga sama sekali tidak setaraf dengan pengetahuan mereka yang mengujinya, maka dia mengajukan sanggahan bahwa Allah melarangnya untuk membicarakan legenda ini.  Bahkan Muhammad tidak mampu menyebut dengan pasti jumlah para penidur dalam legenda Efesus.

Memang terdapat dua versi dari cerita aslinya. Yang pertama mengatakan tujuh pemuda, dan yang satu lagi menyebut delapan. Tapi rupanya para teman Muhammad menyebut jumlah yang berbeda-beda sehingga dia tidak berani mengajukan angka yang pasti karena takut diejek oleh para pengujinya. Karena itulah dia menyebut hanya Allah saja yang tahu jumlah tepatnya. Selain itu, dia pun mengatakan bahwa Allah melarangnya membicarakan jumlah para pemuda tersebut.

Qur‘an, Sura  al-Kahfi (18), ayat 22 menyatakan :  Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(Jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi)mengatakan: "(Jumlah mereka) tujuh orang, yang kedelapan adalah anjingnya". Katakanlah:"Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka”. 

Sekarang perhatikan ;  jika hanya beberapa orang saja yang tahu persisnya jumlah para penidur, seperti yang dikatakan ayat itu, lantas, mengapa Muhammad tidak termasuk diantara mereka? Jika dia kontak dengan Tuhan-nya yang katanya Maha Tahu, mengapa Tuhan-nya tidak memberitahu Muhammad berapa tepatnya  jumlah para pemuda tersebut?

Sudah jelas bahwa Muhammad tidak berani menyatakan jumlah yang pasti karena takut diejek, dan dia menutup kesalahannya dengan mengatakan Allah-nya melarangnya membicarakan hal itu.

Muhammad juga mengarang bahwa para penidur bangun setelah lebih dari 300 tahun setelah para pengarang yang menambahkan nafas Kristen pada legenda itu mati. Dalam Sura yang sama (18), ayat 25 tertulis : ”dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)”. 

Berdasarkan keterangan itu, para penidur bangun di sekitar tahun 559M, artinya itu terjadi setelah para penulis Syria yang menerjemahkan legenda itu ke dalam bahasa Yunani telah wafat semua. Bahkan Yakub dari Sarugh juga telah mati di tahun 521 M. Dengan demikian Muhammad merasa bebas untuk menentukan tahun-tahun ini, karena mengira tiada seorang pun yang bisa membantahnya. Lalu dia membela lamanya para pemuda itu tertidur dengan mengatakan ayat ke 26 : Katakanlah: "Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua); kepunyaan-Nya-lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi. Alangkah terang penglihatan-Nya danalangkah tajam pendengaran-Nya; tak ada seorang pelindung pun bagi mereka selain daripada-Nya; dan Dia tidak mengambil seorang pun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan". Dengan demikian, dia menyatakan 309 tahun tertidur sebagai hal yang tak bisa dibantah lagi, karena Allah sendiri yang mengatakannya.

Tapi bagaimana mungkin pernyataan Muhammad ini sesuai dengan fakta?

Pertama-tama, seluruh kisah itu hanyalah dongeng belaka. Kedua, legenda Kristen itu telah lama dikenal dalam literatur Syria lebih dari seabad sebelum tanggal yang ditetapkan Muhammad.

“Dengan semua kesalahan sejarahnya yang mencengangkan ini, Muhammad sudah tentu bukanlah sumber sejarah kuno yang bisa dipercaya”.

Kita pun sama sekali tidak dapat mempercayai para penulis Islam pasca Muhammad yang memang terkenal suka mengarang-ngarang cerita tanpa dukungan bukti ilmiah apapun.

Kesimpulan yang diajukan tentang kesalahan-kesalahan sejarah dalam Quran membenarkan dugaan bahwa Muhammad memang tidak memiliki pengetahuan atau pendidikan tentang fakta sejarah sehingga muslim tidak bisa menggantungkan nasibnya pada Muhammad untuk mendapatkan kebenaran.

Apa yang Muhammad katakan tentang tokoh-tokoh  sejarah dan negara-negara ternyata juga salah, sehingga keterangannya tidak bisa dipakai untuk mendukung laporan sejarah ilmiah. Dengan begitu, bagaimana kita bisa percaya keterangannya bahwa Mekkah itu adalah kota kuno? Atau bahwa kuil Kaabah dibangun oleh Abraham dan Ishmael yang saat itu katanya hidup di Mekah? Karena kita juga telah tahu bahwa tak ada laporan sejarah manapun yang membenarkan pernyataan Muhammad tentang Mekah, Abraham dan Ishmael.

Sebaliknya, fakta sejarah dengan terang telah menunjukkan hal yang bertentangan dengan pernyataan Muhammad. Jika kita tidak dapat mempercayai perkataan Muhammad tentang hal-hal tersebut, bagaimana mungkin kita bisa mempercayai perkataannya akan hal yang lain? Ikuti terus artikel lainnya tentang sejarah yang dicatat secara keliru dalam Alquran...

*)artikel dikutip dari alamat web yang lain

7 comments:

  1. Anda yang tidak sopan bro,sok tau,taksir2dari literatur anda motong2ayat agama lain anda hanyalah plagiator,tak perlu komentari orang lain,kelihatannya anda ragu dengan keimanan anda ,bro isa lahir dari manusia perempuan kok disalib lalu jadi tuhan (isa hanyalah anak kawin suntik persi malaikat),dimata saya anda hanyalah umatpaulus yang bertuhan isa a

    ReplyDelete
  2. @M Taupik,...mengapa anda begitu bernafsu dg pernyataan-pernyataan anda..??
    daripada mengutuk dan menyumpahin begitu, akan lebih baik bila anda menjelaskan semua dalil dari setiap pernyataan anda tsb dan spy orang lain juga tahu serta memahami yg anda maksud. Buktikanlah semua pernyataan-pernyataan anda bhw Umat Kristiani bertuhan tiga, dan disesatkan Paulus. Silahkan juga anda membuktikan disini ttg kebusukan ajaran Kristiani yg anda sebut-sebut itu.

    Cobalah bandingkan ajaran mana yg patut disebut busuk dibawah ini ;

    ...kepada para Atheis, penjahat dan para penyembah berhala Almasih Isa merangkulnya demikian, "...marilah kepadaKu yg letih lesu dan berbeban berat...Aku akan melegakan kamu...". lantas Dia menyatakan, "..Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup dst...".

    Namun apa yg diperintahkan Muhamad thd para Atheis, non muslim dan para penyembah berhala? "...bunuhlah mereka dimanapun kamu temukan mereka!!". Muhamad juga memerintahkan demikian, "...aku jatuhkan terror ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala-kepala mereka dan pancunglah...mereka". Bukankah para teroris mendasarkan tindakanya pada ayat diatas..??

    Namun, Almasih Isa justru meminta umatnya agar tetap mengasihi sesama manusia tanpa pandang bulu, bukan untuk membunuhnya!!

    sekali lagi silahkan membuktikan setiap pernyataan anda bukan hanya mengutuk belaka....

    ReplyDelete
  3. agama kristen sekarang adalah agama tauhid nabi isa yang telah diselewengkan, mana ada manusia diangkat jadi tuhan,,., ada kalimat "ELI ELI LAMA SABAKTANI" kalau di Tuhan, kenapa minta tolong kepada tuhan.,., kalau dia Tuhan kenapa Tuhan meninggalkan dia.,., MIKIR.....,,,,, yesus bukan tuhan beliau adalah nabi Isa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uppsss ...nabi Isa...???? Nabi isa itu muncul pada abad ke 7 yang berasal dari mulut busuk si mamat...!!

      Inilah salah satu bukti kalo Yesus adalah TUHAN :

      Matius 23:34
      Sebab itu, lihatlah, AKU (Yesus) MENGUTUS KEPADAMU NABI-NABI, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu dan kamu aniaya dari kota ke kota,

      Tuh ada kata "Aku mengutus kepadamu nabi-nabi''.

      Siapa yang mengutus nabi?? TUHAN thoo??

      Ucapan Yesus sama seperti Awloh swtmu, baca neh :

      Besi (Al-Ĥadīd):25
      SESUNGGUHNYA KAMI TELAH MENGUTUS RASUL-RASUL Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

      Jadi Yesus adalah TUHAN thooo,...??? Tul gak...???

      Delete
  4. Udahlah yang pasti bunda maria ga pernah nyembah Yesus. Gampang tho

    ReplyDelete
  5. Saya mualaf dan menurutku semua agama di banding islam itu ga bisa di bandingkan 0 dibanding tak terhingga, pakai ilmu jangan cuma pakai sesuatu yang kalian paksakan untuk kalian terima rasanya ga enak, pernah saya misa di gereja dan saya baca sendiri tulisan dari gereja bahwa trinitas adalah dogma yg harus di percayai oleh anak domba allah....

    ReplyDelete
  6. Gereja nya gereja katholik kayu tangan Malan

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR YANG SOPAN, SEMUA KOMENTAR YANG TIDAK SOPAN AKAN DIHAPUS_SANG TIMUR